Resep: Soto Betawi Daging Sapi Kuah Santan Susu Segar

Soto Betawi Daging Sapi Kuah Santan Susu. resep soto betawi dan cara membuat soto betawi kuah susu lengkap bahan-bahan yang digunakan pada soto betawi susu asli dan tips memasak soto Selain ciri khas tersebut, soto betawi juga menggunakan potongan daging sapi lengkap dengan jeroan sebagai isian layaknya soto Madura. Cara Membuat Soto Betawi cukup mudah Bunda silahkan persiapkan bahan-bahanya seperti yang kita berikan di tutorial vidio ini. Keyword resep soto, soto betawi, soto daging.

Soto Betawi Daging Sapi Kuah Santan Susu Biasanya kuah soto Betawi merupakan perpaduan dari santan dan susu yang dimasak dengan rempah-rempah. Tak lupa berpadu menjadi satu dalam lezatnya Masukkan rebusan daging sapi. Aduk rata - Masukkan santan, masak hingga santan mendidih, aduk sesekali agar santan tidak pecah. Kamu bisa menyajikan Soto Betawi Daging Sapi Kuah Santan Susu using 29 Bahan-bahan dan 9 cara membuat. begini cara membuat.

Bahan untuk membuat Soto Betawi Daging Sapi Kuah Santan Susu

  1. kamu membutuhkan 1/2 Kg of Daging Sapi.
  2. kamu membutuhkan 1 Butir of Kelapa Parut.
  3. kamu membutuhkan 250 ml of Susu Uht Full Cream.
  4. siapkan of Bumbu Halus :.
  5. kamu membutuhkan 9 Siung of Bawang Merah.
  6. siapkan 5 Siung of Bawang Putih.
  7. kamu membutuhkan 3 Butir of Kemiri, sangrai.
  8. kamu membutuhkan 1/2 Sdt of Jinten.
  9. kamu membutuhkan 1/2 Sdm of Merica.
  10. siapkan 1/2 Sdt of Ketumbar.
  11. kamu membutuhkan 1/2 Ruas of Kunyit.
  12. kamu membutuhkan of Bumbu Geprek / Cemplung :.
  13. kamu membutuhkan 3 Lembar of Daun Salam.
  14. siapkan 2 Batang of Serai (geprek).
  15. kamu membutuhkan 3 Cm of Lengkuas (geprek).
  16. siapkan 5 Butir of Cengkeh.
  17. kamu membutuhkan 1/2 Sdt of Pala Bubuk.
  18. siapkan 3 Cm of Kayu Manis.
  19. kamu membutuhkan 1 Lembar of Daun Jeruk.
  20. kamu membutuhkan Secukupnya of Kaldu Bubuk Rasa Sapi.
  21. kamu membutuhkan Secukupnya of Gula dan garam.
  22. siapkan of Bahan Pelengkap :.
  23. kamu membutuhkan 2 Buah of Kentang, goreng / kukus.
  24. siapkan 3 Batang of Daun Bawang, iris tipis.
  25. kamu membutuhkan 3 Buah of Tomat, potong-potong.
  26. siapkan Secukupnya of Jeruk Limau.
  27. siapkan Secukupnya of bihun, rebus, tiriskan.
  28. kamu membutuhkan of Sambal.
  29. kamu membutuhkan Secukupnya of emping (saya skip).

Resep soto Betawi kuah susu juga tidak kalah enaknya dengan kuah santan, sehingga bisa dicoba untuk dibuat di rumah. Soto memang bisa menggunakan beberapa daging, salah satunya adalah daging sapi. Membuat soto daging akan terasa nikmat jika daging matang tidak terlalu berlebihan. Masakan tradisional memiliki banyak resep soto daging sapi kuah santan dan cara membuatnya sangat praktis.

Soto Betawi Daging Sapi Kuah Santan Susu Cara membuat

  1. Potong daging sapi beberapa bagian. Rebus. buang air rebusan pertama. Kemudian rebus kembali sambil diberi kayu manis dan bubuk pala. Rebus sampai daging empuk..
  2. Sambil menunggu daging. Blender / ulek bumbu halus kemudian tumis hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Matikan api..
  3. Jika daging sudah empuk. Masukan bumbu yg sudah di tumis tadi kedalam air rebusan. Aduk. Beri garam, kaldu bubuk rasa sapi dan gula secukupnya. Aduk kembali biarkan bumbu2 nya meresap ke dalam daging sapi tsb..
  4. Dalam wajan lain. Goreng kentang yg sudah di potong kecil2 hingga matang, tiriskan. Dikukus juga boleh..
  5. Angkat daging sapi yg berada dikuah soto. Potong kembali jadi ukuran yg lebih kecil. Taruh dalam mangkuk..
  6. Untuk santan: siram kelapa parut dengan air hangat 150ml kemudian saring ampas nya (untuk santan kental). Siram kembali ampas kelapa tsb pake air biasa sebanyak 500ml (santan encer)..
  7. Masukkan santan encer dan susu uht kedalam kuah soto. Aduk. Diamkan sampai mendidih..
  8. Setelah mendidih, cicipi kuah nya. tambahkan sedikit daung bawang dan bawang goreng. Masukkan santan kental kemudian aduk terus sampai mendidih agar santan tidak pecah..
  9. Tata dalam mangkuk, bihun, tomat, daun bawang, kentang goreng dan daging sapi. Siram dengan kuah susu nya. Tambahkan bawang goreng dan perasaan jeruk limo. (Untuk sambal nya : rebus cabe kemudian ulek dengan bawang goreng dan tambahkan air). Sajikan 🤗😘. Soto Betawi Kuah Susu Santan Siap di nikmati dengan nasi hangat ☺️.

Beberapa daerah di indonesia resep soto daging kuliner masing masing, seperti soto daging betawi, soto daging lamongan, soto daging madura, dan masih banyak lagi. Gurih dan lezatnya kuah resep soto bening dan santan nya memang tergatung juga dari daging sapi. Air rebusan atau air kaldu inilah yang dicampur dengan Sesuai namanya, resep soto daging santan ini memang berasal dari daerah Lenong atau Betawi. Perbedaan mendasar soto betawi dari jenis. Resep soto betawi susu ini dibuat dari kuah susu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menyajikan Soto daging rumahan nikmat

Resep: Soto Betawi Simpel lezat

Cara menyajikan Soto daging nusantara enak