Cara membuat Soto Bening Daging lezat

Soto Bening Daging. Kali ini Dapurnya Rey mau berbagi cara membuat soto daging bening yang seger. Berikut ini adalah resep aslinya dari Mba Fitri. Soto daging adalah salah satu resep masakan Indonesia yang enak dan lezat dengan kuah kaldu Biasanya terbagi menjadi dua tergantung dari kuahnya, yaitu soto daging bening dan soto daging.

Soto Bening Daging Soto salah satu makanan yang sangat cocok dimakan pada saat cuaca dingin apalagi saat musim hujan. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis soto salah satunya adalah soto daging. Ya soto daging biasanya banyak disajikan dalam beberapa acara, salah satunya ketika berkumpul Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Daging Sapi Bening Tanpa Santan yang Enak. Kamu bisa menyajikan Soto Bening Daging using 23 Bahan-bahan dan 6 cara membuat. begini cara membuat.

Bahan untuk membuat Soto Bening Daging

  1. siapkan 500 gr of daging sapi (saya pakai daging beserta tulang-tulangnya).
  2. siapkan 2 liter of air untuk membuat kaldu.
  3. siapkan 2 lembar of daun jeruk, sobek-sobek.
  4. kamu membutuhkan 1 batang of serai, geprek (Saya pakai 2 btg).
  5. siapkan 2 ruas jari of lengkuas, geprek.
  6. kamu membutuhkan 2 ruas jari of kunyit, bakar, geprek.
  7. kamu membutuhkan 1 sdt of kaldu bubuk rasa sapi.
  8. kamu membutuhkan 1 batang of daun bawang, potong-potong.
  9. kamu membutuhkan Secukupnya of garam.
  10. kamu membutuhkan 1 sdt of gula pasir.
  11. siapkan of Bumbu halus:.
  12. siapkan 1 bungkus of soun, seduh dengan air panas.
  13. kamu membutuhkan Secukupnya of taoge, seduh dengan air panas.
  14. kamu membutuhkan 2 siung of bawang putih (ukuran besar).
  15. siapkan 3 butir of bawang merah.
  16. kamu membutuhkan 1/4 sdt of merica butiran, sangrai.
  17. kamu membutuhkan of Bahan Pelengkap:.
  18. kamu membutuhkan Secukupnya of bawang merah goreng.
  19. siapkan Secukupnya of daun seledri, iris halus.
  20. siapkan Secukupnya of irisan tomat jika suka.
  21. siapkan Secukupnya of jeruk nipis jika suka.
  22. siapkan Secukupnya of kecap manis jika suka.
  23. kamu membutuhkan Secukupnya of sambal (saya tidak pakai).

Soto Daging Bening (Resep Kecap Cap Bango). Semangkuk soto daging berisi nasi, potongan daging sapi,irisan tomat, irisan kol, dan kecambah yang disiram kuah kaldu bening. Bagi pecinta daging, makanan seperti soto daging tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Berikut varian resep soto daging, spesial untuk Anda yang suka memasak atau bereksperimen di rumah.

Soto Bening Daging Cara membuat

  1. Buat kaldunya dulu ya. Didihkan secukupnya air, masukkan daging dan tulang-tulangnya (dagingnya ukuran besar ya, jangan dipotong-potong dulu). Rebus sebentar dalam air mendidih lalu angkat daging dan tulangnya. Buang airnya..
  2. Siapkan 2 liter air dalam panci. Masukan daging yang telah sirebus sebentar tadi, tambahkan secukupnya bawang putih geprek (saya pakai 5 siung), potongan bawang bombay (1 butir ukuran kecil), daun bawang dan seledri (biarkan utuh, tidak usah diiris-iris) serta sedikit garam. Rebus dengan api kecil hingga mendidih dan keluar kaldu beningnya. (Pancinya ditutup ya).Angkat/ambil daging dan tulangnya. Buang minyak yang mengapung pada air kaldu. Saring dan ambil airnya saja. Air kaldu siap digunakan..
  3. Rebus kembali daging beserta tulangnya dengan sedikit air, garam dan merica bubuk. Rebus hingga garam dan merica meresap. (Proses ini supaya dagingnya gurih) Setelah meresap angkat, biarkan hangat/dingin lalu potong-potong dagingnya..
  4. Membuat Kuah Soto: tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan daun jeruk, serai, kunyit bakar, dan lengkuas. Tumis sebentar lalu masukkan air kaldu. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa. Masukkan potongan daun bawang. Biarkan sedikit layu lalu matikan api. Kuah soto siap digunakan..
  5. Cara penyajian: Ambil sebuah mangkok, masukkan secukupnya nasi, soun, dan taoge yang sudah diseduh. Tambahkan potongan daging dan tulang. Taburi bawang merah goreng dan seledri. Tambahkan irisan tomat jika suka. Siram dengan secukupnya kuah soto panas-panas..
  6. Siap disajikan. Enak, seger. Tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis dan kecap manis jika suka. Pakai sambal lebih mantap. Saya gak pakai sambal karena lagi gak boleh makan pedas..

Siapakan mangkuk, tuangkan soto daging bening kedalam mangkuk,taburi dengan bawang goreng dan seledri beri jeruk nipis. Sajikan soto bening daging sapi beserta sambalnya selagi masih panas. Soto daging sapi ini mempunyai kuah bening, cocok sekali sebagai hidangan saat cuaca dingin. Daging sapinya mampu membuat perut menjadi kenyang, belum lagi jeroannya seperti paru, babat. Soto daging memang tak sepopuler soto ayam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menyajikan Soto daging rumahan nikmat

Resep: Soto Betawi Simpel lezat

Cara menyajikan Soto daging nusantara enak