Cara membuat Soto bening jawa nikmat

Soto bening jawa. Rahasia Resep Soto ayam kampung Lamongan Kuah Bening Enak - Bumbu Asli Jawa Timur. Kalau berbicara selera, tentu lidah kita tidak akan bisa berbohong. Soto ayam sunda adalah soto ayam yang sangat terkenal kalau kita mampir ke daerah Jawa Barat.

Soto bening jawa Ada yang kuahnya bening, juga ada yang dicampur santan. Masakan Jawa Tengah - Cara Membuat Soto ayam bening Khas Sragen - Solo, Seperti janji saya sebelumnya bahwa Untuk melengkapi masakan Soto pada kesempatan ini akan saya bagikan cara. Satu lagi juadah atau hidangan yang seringkali di sediakan pada musim perayaan ialah soto. Kamu bisa membuat Soto bening jawa using 17 Bahan-bahan dan 6 cara membuat. begini cara menyajikan.

Bahan untuk membuat Soto bening jawa

  1. siapkan 2 potong sedang of dada ayam.
  2. siapkan of bihun.
  3. siapkan of toge pendek.
  4. siapkan of kol.
  5. siapkan of daun bawang (iris iris).
  6. kamu membutuhkan of seledri.
  7. kamu membutuhkan of kerupuk.
  8. siapkan 1 ruas jari of jahe.
  9. siapkan 3 siung of bawang merah.
  10. siapkan 1 siung of bawang putih.
  11. siapkan 1 lembar of daun salam.
  12. kamu membutuhkan 1 batang of serai.
  13. siapkan of garam.
  14. siapkan of merica.
  15. siapkan of ketumbar.
  16. kamu membutuhkan 1/2 ruas jari of kunyit.
  17. kamu membutuhkan 1 ruas jari of lengkuas.

Kalau di Johor ni. soto memang cukup popular di majlis rumah terbuka. Masih dari Jawa Tengah, tepatnya di Boyolali ada yang namanya soto seger. Kuahnya bening dengan sedikit minyak dari daging atau gajih akan membuat nafsu makanmu jadi meningkat. Soto Jawa biasanya lebih dominan soto dengan kuah bening dengan cita rasa yang gurih dan segar.

Soto bening jawa Cara membuat

  1. Haluskan bumbu yaitu jahe, lengkuas, ketumbar, merica, garam dan sedikit kunyit (untuk pewarna jika ingin benar2 bening boleh tidak pake kunyit).
  2. Rebus ayam hingga setengah matang lalu masukan bumbu halus, tambahkan salam dan serai.
  3. Rebus ayam hingga bumbu meresap sambil koreksi rasa, lalu tambahkan irisan daun bawang.
  4. Sambil menunggu ayam empuk, lakukan persiapan bahan lainnya yaitu: -Rendam bihun dalam air panas setelah lunak sisihkan dan potong2 agar tidak terlalu panjang -bersihkan toge pendek, lalu tiriskan - iris iris seledri.
  5. Setelah ayam empuk dan rasa sudah sesuai, angkat ayam, tiriskan lalu suwir2 kecil.
  6. Penyajian: masukan bihun, toge, ayam suwir dalam mangkok, lalu siram dengan air soto, atasnya taburi irisan seledri, bawang goreng tambahkan potongan telur rebus.

Soto Jawa tak jauh berbeda dengan aneka soto dari daerah lain. Soto ayam merupakan salah satu makanan yang digemari hampir setiap orang, sebab makanan yang satu ini mempunyai rasa yang enak dan juga khas apalagi soto ayam bening khas Jawa Tengah ini. Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Budhe sayur libur.tengok freezer masih ada stock kaldu ayam pejantan.wah seger kayaknya buat soto.pikirku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menyajikan Soto daging rumahan nikmat

Resep: Soto Betawi Simpel lezat

Cara menyajikan Soto daging nusantara enak